Batman adalah salah satu superhero terpopuler di dunia selama puluhan tahun. Saking populernya, sudah banyak aktor sudah memerankan peran jadi Bruce Wayne/Batman mulai dari Adam West, Michael Keaton, Val Kilmer, George Clooney, Christian Bale, Ben Affleck, hingga Robert Pattionson.

Baca juga tulisan saya yang lain: Semua Fans DC Pasti Sepakat bahwa ‘Batman and Robin’ Adalah Film Batman Terburuk

Seperti yang kita ketahui bersama, Bruce Wayne bersumpah untuk balas dendam dengan membasmi kejahatan di Gotham City setelah menyaksikan kedua orang tuanya tewas dibunuh seorang perampok saat ia masih anak-anak. Bruce Wayne akhirnya keliling dunia belajar seni beladiri sambil belajar penggunaan senjata api dan senjata tajam, ilmu fisika, ilmu kimia, ilmu kedokteran, teknik mesin, serta ilmu penunjang lainnya untuk bisa menunjang kinerjanya sebagai orang yang hobinya main hakim sendiri.

Saya jadi mikir, saya jadi bertanya-tanya, “Seandainya Bruce Wayne atau Keluarga Wayne bukan orang kaya, apakah ia bakalan jadi Batman?

Saya yakin, jika Bruce Wayne atau Keluarga Wayne bukan orang kaya, Bruce Wayne gak bakalan jadi Batman. Kedua orang tua Bruce bakal tetap tewas di tangan perampok, tapi mimpi Bruce Wayne untuk membasmi kejahatan bakalan jadi angan-angan belaka karena Bruce gak bakalan punya uang buat kuliah. Bruce gak punya uang yang cukup untuk belajar ilmu-ilmu yang sudah saya sebutkan di atas sembari keliling dunia, dan Bruce gak bakalan punya pelayan setia seperti Alfred yang membantu segala macam keperluannya selama ini.

Bruce Wayne adalah anak tunggal dari pasangan konglomerat Gotham City bernama Thomas dan Martha Wayne, pemilik Wayne Enterprise di mana keluarga Wayne udah kaya dari sononya selama berabad-abad. Nah, dalam semesta DC, Keluarga Wayne merupakan salah satu orang terkaya di dunia. Kekayaannya kurang lebih sama dengan Lex Luthor dan Oliver Queen (Green Arrow). Jadi ya gak heran Bruce Wayne bisa punya kesempatan jadi orang yang bisa main hakim sendiri.

Seandainya Keluarga Wayne bukanlah orang kaya, Bruce bisa saja jadi Batman, tapi aksinya gak akan seefektif yang kita lihat selama ini. Mungkin Batman yang kita lihat akan menggunakan kostum seadanya seperti yang Peter Parker gunakan saat awal-awal jadi Spiderman. Mungkin Batman yang akan kita lihat kurang lebih seperti Punisher, membunuh penjahat tanpa babibu fafifu wasweswos dengan menembaknya di kepala atau adu jotos.

Tanpa kekayaan Keluarga Wayne, Bruce gak bakalan punya gadget super canggih. Tanpa kekayaan Keluarga Wayne, saya yakin Bruce gak akan punya kemampuan fisik luar biasa layaknya atlet kelas dunia. Tanpa kekayaan Keluarga Wayne, saya yakin Bruce gak akan punya IQ sebesar 192 hingga dijuluki “The World's Greatest Detective”. Tanpa kekayaan Keluarga Wayne, saya yaki Bruce gak akan punya asisten serba bisa yang sangat setia seperti Alfred.

Jika Keluarga Wayne merupakan sobat misqueen, saya yakin selepas kematian Thomas dan Martha Wayne, Polisi Gotham bakalan setengah-setengah menangkap pelaku pembunuhan pasangan Wayne meskipun Bruce Wayne sudah bersaksi di depan pengadilan. Kasus kematian Thomas dan Martha Wayne bakalan dianggap perampokan biasa saja.

Mungkin Bruce bakalan berakhir di Panti Asuhan Gotham karena gak ada Alfred yang bisa mengasuhnya selepas kematian orang tuanya. Mungkin Bruce bakalan putus sekolah karena gak punya biaya buat melanjutkan pendidikannya meskipun sekolah di sekolah negeri. Mungkin Bruce bakalan berakhir di rumah sakit jiwa karena trauma menyaksikan kedua orang tuanya tewas dibunuh di hadapannya. Sungguh, Bruce Wayne bisa jadi Batman yang kita kenal selama ini karena privilese Keluarga Wayne yang dimilikinya.

Kalau Keluarga Wayne ini merupakan sobat misqueen, emangnya Bruce bakal sempat mikir balas dendam? Balas dendam sih pasti kepikiran, tapi ia bakal lebih mikirin gimana bayar SPP sekolah, gimana bayar listrik, gimana bayar BPJS, dan gimana caranya dapat beasiswa sambil cari kerja sambilan alih-alih beladiri keliling dunia buat belajar beladiri dan ilmu penunjang lainnya untuk balas dendam. Paling mentok Bruce cuma ikutan ekstrakulikuler karate di sekolahnya dan berakhir jadi atlet PON mewakili Gotham City doang paling. Bruce juga kayaknya bakalan pensiun jadi atlet karate setelah honor dan uang sakunya dipotong Pemkot Gotham yang korup.

Dengan segala privilese Keluarga Wayne aja, Bruce gak pernah sembuh dari (post-traumatic stress disorder), selalu memikirkan kejadian tersebut setiap harinya sampai akhir hayatnya, setelah menyaksikan kedua orang tuanya tewas dibunuh perampok. Apalagi kalau Keluarga Wayne ini merupakan sobat misqueen? Biaya ke psikolog mahal, bos! Gak semua ditanggung BPJS soalnya.

Jadi bisa disimpulkan, hampir mustahil Bruce Wayne bisa jadi Batman kalau gak ada privilese Keluarga Wayne yang merupakan salah satu keluarga paling kaya dalam semesta DC selama beberapa generasi.